Tips hemat untuk anak sekolahan


on

No comments




Hemat itu pangkal kaya? Emang iya.Bayangin aja, kita bisa beli ini itu apalagi barang idaman tanpa bergantung orang tua.Enak kan?? maka dari itu, mulailah menghemat dari sekarang  dan jangan menunda-nunda .Caranya ??  yaitu ,dengan cara berikut ini.

1.Mencatat kebutuhan

Catat apa saja kebutuhanmu  dan  harganya .Pisahkan dari yang primer (penting),sekunder (cukup penting ),hingga tersier (mewah)  .Hitung berapa jumlah harga kebutuhan primermu  selama seminggu kurangi dengan jumlah uang sakumu untuk seminggu.sisanya ditabung dan diletakkan terpisah dari uang kebutuhan primermu.Ini untuk yang uang sakunya mingguan, apabila harian bisa dilakukan secara mingguan yaitu dengan menghitung jumlah uang saku jika sudah mencapai seminggu , untuk bulanan bisa dihitung secara bulanan kalo ada yang tahunan bisa dihitung juga  ^.^

2.Membawa bekal dari rumah

Manfaatkan makanan gratis dirumah untuk dibawa kesekolah .JANGAN MALES DAN JUGA JANGAN GENGSI!! .Kebanyakan kalau gak gengsi  pasti males kalau gak males pasti gak mau ribet apalagi pas lagi terburu-buru.maka dari itu saya sarankan untuk bangun lebih awal dan segera siapkan jika makanannya sudah masak .Ingat !! jika sudah masak.

3.Berpuasa

Puasa mempunyai bermacam manfaat salah satunya menghemat pengeluaran.Puasa yang biasa dilakukan yaitu puasa senin-kamis .untuk yang lebih lengkap ,kamu bisa catat jadwal hari–hari puasa sunah. Untuk cewek, bisa memanfaatkan hari-hari masuk sekolah untuk menebus hutang  puasa ramadhan.

4.Manfaatkan waktu istirahat dengan kegiatan yang berguna.

Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk mengerjakan PR,baca-baca materi pelajaran selanjutnya,baca shalawat dan istighfar,dan juga memanfaatkan wifi seperti saya :D.Kalau diajak teman ke kantin tolak secara halus dan kalau yang gak biasa nolak dan tingkat imannya kuat ikut aja gakpapa yang penting jangan beli apapun, kali aja nanti ditraktir :D.

5.Keluar rumah ? Jangan bawa uang saku berlebihan !!

Yang sering keluar rumah baik itu untuk acara wajib maupun tidak, pasti siap-siap uang saku.Maka dari itu, kalau bisa bawa uang saku yang sedang-sedang saja,jangan berlebihan ! Dengan uang yang minim, kita pasti akan berpikir ulang dengan apa yang akan kita beli .

6.Manfaatkan tabungan dengan baik.

Udah numpuk nih!!belanjain semua ahh.. Gak apa-apa sih, uang-uang kamu!! tapi ,lebih baik sisakan sedikit tabungan untuk suatu hal yang mendadak.Daripada minta orang tua mending kita pakai uang sendiri .Kalau bisa, beli kebutuhan dari  catatan urutan  di langkah nomor  1. Belilah dari yang paling penting!!

7.Bayangkan barang impian untuk motivasi

Kadang-kadang dalam menjalankan misi penghematan kita pasti akan kehilangan arah ditengah jalan,alias males atau semangatnya kendor .untuk penyemangat,bayangkan barang impian yang bisa kamu beli dengan uang tabunganmu.and well,it’s work!!

Ini tips dari saya, kekurangannya bisa anda tambahkan di kolom komentar ,dan kelebihannya bisa anda manfaatkan  sebaik-baiknya.Terimakasih !!

Leave a Reply